Jumat, 05 Desember 2014

desain grafis



“DESAIN GRAFIS”
1.      PENGERTIAN DESAIN GRAFIS
Desain grafis adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi. Desain Grafis berasal dari 2 buah kata yaitu Desain dan Grafis, kata desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi dengan demikian desain grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar.
v  Pengertian desain grafis dari berbagai tokoh:
a.      Suyanto desain grafis didefinisikan sebagai " aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk berbagai kebutuhan, baik pendidikan, bisnis bahkan industri". Aplikasi-aplikasi ini diterapkan pada lingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam upayanya untuk publikasi
b.      Menurut Danton Sihombing desain grafis mempekerjakan berbagai elemen seperti simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi. Elemen-elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi.
c.       Sedangkan Blanchard mendefinisikan desain grafis sebagai suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan.
d.      Menurut Michael Kroeger desain grafis adalah latihan teori dan konsep-konsep melalui terma-terma visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis dan penjajaran (juxtaposition).


2.      TOKOH-TOKOH DALAM DESAIN GRAFIS

a.      Giambattista Bodoni –1740-1813
            Bodoni adalah pengaruh yang sangat besar dan desainnya yang diselenggarakan melenggok sepanjang abad ke-19. Pada tahun 1907, Morris Fuller Benton recut Bodoni (BT) yang masih digunakan sampai sekarang.


b.       William Caslon – 1692-1766
            Caslon memulai karirnya sebagai magang ke pemahat dari gunlocks dan barel. Pada 1716 ia membuka sendiri toko ukiran di London dan segera mulai membuat alat untuk penjilid buku dan pemburu perak.


c.       Aldus Manutius – 1449-1515
            Dia menghasilkan edisi cetak pertama dari Yunani dan Latin klasik banyak dan khususnya terkait dengan produksi kecil, hati-hati edited ukuran buku saku dicetak dalam edisi murah. The Poliphili Hypnerotomachia (1499) dari Francesco Colonna, dengan teknik cukil kayu yang beredar, adalah bukunya yang paling terkenal

d.      William Morris – 1834-1896
            William Morris (24 Maret 1834 – 3 Oktober 1896) adalah seorang perancang tekstil Inggris, seniman, penulis, dan sosialis berhubungan dengan Persaudaraan Pra-Raphael dan Seni Inggris dan Kerajinan Gerakan.
e.       Paul Rand – 1914-1996
            Paul Rand adalah Desainer Grafis senior. Lahir di Peretz Rosenbaum, 15 Agustus 1914. Dia memulai karirnya sebagai freelancer, menghasilkan gambar saham untuk koran atau majalah.Pada usia dua puluhan dia menghasilkan kerja yang mulai mengumpulkan pengakuan internasional.
Karyanya:


3.      MANFAAT BELAJAR DESAIN GRAFIS

v  Mempercepat proses pekerjaan dengan cara menyajikan suatu pekerjaan dalam bentuk grafis.
Contoh pekerjaan yang paling mudah adalah proposal. Tidak perlu menyusun dalam format seperti laporan dengan banyak tulisan. Cukup poin – poin penting yang ingin disampaikan dan dibuat dalam bentuk desain yang menarik dan atraktif.
v  Memperkenalkan dunia desain grafis kepada masyarakat luas sehingga dapat diimplementasikan di dalam lingkungannya.
Contohnya adalah dengan membuka kursus desain grafis.
v  Memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang program aplikasi desain grafis.
Tidak banyak orang awam yang bisa mengoperasikan aplikasi desain grafis. Dengan membuat pelatihan program aplikasi desain grafis, lulusan sekolah atau kursus desain dapat memperkenalkan program aplikasi desain grafis lebih luas lagi.
v  Mempersiapkan masyarakat agar dapat memahami dengan mudah pesan – pesan yang disampaikan dalam bentuk grafis.
Untuk memahami suatu karya seni memang dibutuhkan suatu sense. Jika tidak ada sense tersebut maka pesan dalam bentuk grafis belum tentu dapat dicerna dengan baik mengingat persepsi setiap orang berbeda – beda. Karena itu, belajar desain grafis dapat membantu lulusannya untuk mengerti pesan dari bentuk grafis tersebu

4.      DESAIN GRAFIS DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
a.      Advertising (Periklanan)
Periklanan merupakan salah satu penggunaan yang paling menguntungkan grafis, seniman sering melakukan  pekerjaan  iklan atau  mengambil iklan potensial ke account saat membuat seni, untuk meningkatkan peluang penjualan karya seni. Sebagai contoh : Membuat kartu nama, Desain Kaos (T-Shirt)
b.      Business (Bisnis)
Grafis yang umum digunakan dalam  bisnis dan ekonomi untuk membuat diagram keuangan dan tabel. Istilah Usaha Graphics mulai dipakai pada akhir tahun 1970, ketika komputer pribadi menjadi mampu menggambar grafik dibandingkan menggunakan format tabel. Bisnis Grafik dapat digunakan untuk menyoroti perubahan selama jangka waktu tertentu.
c.       Political (Politik)
Penggunaan grafis untuk terang-terangan politik (kartun, grafiti, seni poster, desain bendera,dll) adalah praktek berabad-abad lama yang berlangsung hingga hari ini di setiap bagian dunia.  “The mural Irlandia Utara” adalah salah satu contohnya. Seni melukis di dinding atau tembok yang menceritakan konflik sejarah selama 35 tahun terakhir di Irlandia Utara.
d.      Education (Pendidikan)
Grafis yang banyak digunakan adalah dalam buku teks , terutama yang menyangkut mata pelajaran seperti geografi, sains, dan matematika untuk menggambarkan teori dan konsep, seperti anatomi manusia . Diagram juga digunakan untuk label foto dan gambar. Dalam rangka edukasi, grafis berfungsi secara efektif sebagai bantuan pendidikan dan pelajar harus mampu menafsirkannya dengan baik.
e.       Film and animation (Film dan animasi)
Komputer grafis sering digunakan dalam sebagian besar film ber-fitur baru, terutama bagi Film dengan anggaran yang besar. Film-film yang banyak menggunakan komputer grafis diantaranya ada  Doraemon, Upin -Ipin , Harry Potter, Spider Man,dll.

                     
5.      CARA MENDAPATKAN UANG DARI DESAIN GRAFIS
a.      Portofolio Online
Mungkin ini cara yang paling klasik untuk menghasilkan uang sebagai desainer grafis. Sama seperti di dunia nyata, kita akan lebih mudah bertemu klien jika kamu membuka sebuah 'toko'. Dalam hal ini, situs/blog adalah sebuah toko tempat kamu memajang karya-karya kita disana.
v  Situs-situsnya antara lain :     
1.      behance.net
2.      deviantart.com
3.      shadowness.com

b.      Situs Microstock
Microstock adalah alternatif yang cukup diminati oleh mereka yang menginginkan passive income dari karya-karya mereka. Passive income sendiri yaitu karya kita akan terus dijual berulang-ulang kali. Konsepnya sederhana, kita membuat file yang siap dijual baik itu ikon, illustrasi, karakter, template, background (dalam format vektor) atau karya fotografi dan menjualnya disana.
v  Berikut adalah daftar situs-situs microstock terbesar di Internet saat ini :
1.       www.shutterstock.com
2.       www.istockphoto.com
3.      www.fotolia.com
4.       www.dreamstime.com
c.       Envato Marketplaces
Envato Marketplaces adalah sebuah pasar digital online yang menyediakan wadah untuk jual-beli karya digital seperti karya grafis, template Wordpress, music, video, fotografi, dll. Berbeda dengan microstock, Envato Marketplaces hadir dengan ruang lingkup yang cukup luas dengan kualifikasi dan persaingan yang lebih ketat. Sebagai desainer grafis, ada beberapa katagori di Envato Marketplaces yang mungkin sesuai dengan kualifikasi kita.
v  Berikut adalah beberapa situs-situs dari Envato Marketplaces antaranya :
1.      themeforest.net (template mobile, web, dan wordpress)
2.      graphicriver.net (template desain, brushes photoshop, dan vector)
3.       3docean.net (stok gambar dan model 3D)
4.       photodune.net (stok fotografi)

d.      Kontes Desain
            Kontes desain juga bisa jadi alternatif untuk menghasilkan uang lewat internet. Meskipun hasilnya di spekulasi, ternyata banyak juga desainer yang berhasil mendapat penghasilan tetap dari sini.
v  Kontes Desain Logo : Konsepnya sederhana, sebuah perusahaan yang membutuhkan logo akan menggelar kontes di situs ini, selanjutnya para desainer yang berminat langsung mensubmit karya mereka dengan brief yang disediakan dan waktu yang telah ditentukan.
Berikut adalah beberapa situs yang menyediakan kontes desain logo :
1.       www.99designs.com
2.       www.logotournament.com
3.       www.logomyway.com
v  Kontes Desain T-shirt :Mirip dengan kontes desain logo, pada t-shirt, desainer juga mensubmit karya untuk tema tertentu yang telah ditentukan dan deadline yang telah disepakati.
Berikut adalah beberapa situs yang menyediakan kontes desain t-shirt :
1.      www.threadless.com
2.       www.designbyhuman.com
3.      www.gantibaju.com
e.       Menulis Tutorial
            untuk kalian yang punya kemampuan berbagi tips dan trik desain dengan menulis, kita bisa mencoba menulis tutorial di situs-situs tutorial online di internet. Beberapa situs menawarkan harga yang lumayan untuk satu tutorial yang dipublish. Ketentuan dan kualifikasinya pun berbeda-beda, jadi kembali kepada kamu untuk menentukan mana yang akan kamu pilih.
v  Berikut adalah beberapa situs yang mau membayar kamu untuk menulis tutorial :
1.      www.psd.tutsplus.com
2.      www.tutorial9.net
4.       www.designinstruct.com
                              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar