Kamis, 04 Desember 2014

istilah-istilah di internet



ISTILAH-ISTILAH DI INTERNET

1.      Pengertian Bandwith
Bandwidth adalah nilai hitung atau perhitungan konsumsi transfer data telekomunikasi yang dihitung dalam satuan bit per detik atau yang biasa disingkat bps yang terjadi antara komputer server dan komputer client dalam waktu tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Sumber: tutorial-mj.blogspot.com/2012/12/pengertian-bandwidth.html

2.      Pengertian Blogging
Blogging adalah sebuah cara menuangkan pikiran tanpa batas aturan kecuali aturan agama. Blogging sendiri adalah bebas dan harus adanya interaksi antara pemilik dan pengunjung. Jika mengatakan sebuah web adalah blog maka harus ada minimal form komentar. Jika memang form komentar atau interaksi lain tidak ada maka tidak ubahnya seperti website sebelum webblog.
3.      Pengertian CSS
Cascading Style Sheet (CSS) merupakan salah satu bahasa pemrograman web  untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam.CSS adalah bahasa style sheet yang digunakan untuk mengatur tampilan dokument. Dengan adanya CSS memungkinkan kita untuk menampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda. Sumber: 
4.      Pengertian FAQ
FAQ adalah dokumen online yang menimbulkan serangkaian pertanyaan dan jawaban yang umum tentang topik tertentu. FAQ berasal dalam kelompok Usenet sebagai cara untuk menjawab pertanyaan tentang aturan layanan. Saat ini, ada FAQ di Web untuk banyak topik.
5.      Pengertian Download
Download adalah proses transmisi sebuah file dari sebuah sistem computer ke sistem komputer yang lainnya. Dari internet, user yang melakukan proses download adalah proses dimana seorang user meminta / request sebuah file dari sebuah komputer lain (web site, server atau yang lainnya) dan menerimanya. Dengan kata lain, download adalah transmisi data dari internet ke komputer client/pemakai.
            Arti istilah Download dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut : Menerima file dari komputer lain ke komputer Anda. Kegiatan penerimaan data (berupa file) dari komputer lainnya ke komputer lokal yang terhubung dalam sebuah network.Secara umum dapat diartikan bahwa download adalah untuk menerima file dan upload adalah untuk mengirimkan file.
6.      Pengertian Domain
Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP.
7.      Pengertian favorite Icon
Favorite icon adalah gambar kecil atau icon yang terdapat pada address bar yang berfungsi untuk menggambarkan atau merepresentasikan logo dari suatu blog atau web. Favicon merupakan singkatan “favorit icon”. Jika sobat perhatikan dibagian address bar atau alamat url blog atau web sobat, terdapat ruang berbentuk persegi yang digunakan untuk menampung favorit icon blog atau web sobat. Sumber: 
8.      Pengertian Browser
Browser adalah suatu aplikasi atau program yang dijalankan pada perangkat komputer untuk melihat konten yang ada pada media World Wide Web (WWW) dengan memanfaatkan jaringan internet. Teknologi browser yang berkembang saat ini tidak hanya dapat menampilkan halaman yang berisi text atau tulisan saja, browser-browser populer sekarang dapat menampilkan gambar, musik, suara, video, file pdf dan data lainnya.
Beberapa Nama Browser Populer yang pernah ada:
1.      Internet Explorer
2.      Mozilla Firefox
3.      Google Chrome
4.      Safari Browser
5.      Opera
6.      Netscape
7.      Flock
9.      Pengerian FTP
FTP (singkatan dari File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork. FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP.
10.  Pengertian GIF
Graphics Interchange Format(GIF) adalah sebuah format yang sering digunakan dalam dunia web maupun dalam dunia citra digital. Format ini sering digunakan karena ukurannya yang relati kecil dan juga banyaknya software editor gambar yang telah mendukung citra ini. GIF berukuran kecil karena membatasi jumlah warnanya sebanyak 256 warna sehingga dapat menghemat ukuran berkas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar